Tuesday, September 3, 2013

Ini Premier League Paling Boros, La Liga & Serie A Untung

Sebuah gebrakan besar dilakukan klub-klub Eropa pada hari terakhir bursa transfer musim panas. Klub-klub asal Inggris menjadi yang paling royal dalam menghamburkan uangnya.
masuk sebagai pemain Madrid Gareth Bale
Masuknya Gareth Bale sebagai Pemain Real Madrid



Arsenal telah menjadi klub Inggris terakhir yang melakukan gebrakan besar di detik-detik akhir penutupan bursa transfer, Kubu The Gunners yang sebelumnya hanya merekrut dua pemain Yaya Sanogo dan Mathieu Flamini secara gratis, membuat kejutan besar dengan menggelontorkan dana 42,4 juta pounds (Rp717 miliar). untuk meminang Mesut Ozil dari Real Madrid. Jumlah ini merupakan rekor belanja terbesar Arsenal.

Selain Arsenal, juara EPL musim lalu, Manchester United, juga melakukan pembelian besar di hari terakhir ini. Pelatih David Moyes akhirnya bisa mendapatkan mantan anak didiknya di Everton, Marouane Fellaini yang ditebus dengan mahal 27,5 juta pounds (Rp481,6 miliar).

Arsenal dan United hanya bagian kecil dari pergerakan besar klub-klub Inggris di bursa transfer musim panas ini. Liverpool misalnya, mereka sudah menggelontorkan dana sekitar 44 juta pounds demi melabuhkan delapan pemain baru mereka.

Belum lagi Tottenham Hotspur yang juga melakukan belanja gila-gilaan setelah kehilangan Gareth Bale yang hijrah ke Real Madrid. Menurut laporan Transfermarket, Spurs menjadi klub dengan pengeluaran terbesar di musim panas ini.

Kubu The Lilywhites mengeluarkan dana 105 juta Pounds untuk melabuhkan pemain-pemain top macam Roberto Soldado, Erik Lamela, Paulinho, Christian Eriksen dan masih banyak lagi.

Jumlah ini mengunggulungi klub yang biasa menggelontorkan dana luar biasa di bursa transfer, Manchester City. Masih menurut Transfermarket, kubu Citizens menggelontorkan dana 100 juta pounds untuk merekrut Alvaro Negredo, Fernandinho, Jesus Navas dan Stevan Jovetic.



Jika di total, semua pengeluaran klub-klub Inggris di bursa transfer musim ini merupakan yang hal terbesar dalam sejarah Premier League. Data Transfermarket merilis, klub-klub EPL mengeluarkan dana 657.034.400 pounds atau setara Rp11,3 triliun. Sebelumnya rekor pengeluaran klub-klub Inggris terjadi pada 2008 dengan dana 500 juta pounds.

Dalam Kompetisi La Liga menjadi liga terboros kedua setelah Premier League, setelah klub-klub La Liga mengeluarkan dana sebesar 336.116.000 pounds (Rp. 5,78 triliun). Kendati demikian, La Liga justru meraih keuntungan karena total pemasukan klub-klub ternyata lebih besar, yakni 432.581.600 pounds (Rp7,42 triliun).

Real Madrid dan Barcelona ialah dua pelaku utamanya. Di bursa transfer musim panas ini El Real menggelontorkan dana 145 juta pounds untuk meminang Gareth Bale, Isco, dan Asier Illarramendi. Sementara El Barca menghabiskan 57 juta euro hanya untuk meminang Neymar da Silva.

Kompetisi Serie A juga tidak kalah boros, dengan menempati urutan tiga setelah menghamburkan dana sebesar 334.738.800 pounds (Rp5,74 triliun). Sama seperti La Liga, ternyata Serie A juga menangguk keuntungan di bursa transfer musim panas ini karena pemasukan yang mereka dapat mencapai 345.646.400 pounds (Rp6 triliun).

Napoli menjadi klub yang paling jor-joran di lantai bursa. Uang hasil penjualan Edinson Cavani yang dilepas ke Paris Saint Germain dialokasikan untuk merekrut tio punggawa Madrid; Gonzalo Higuain, Jose Callejon, dan Raul Albiol. Total, pelatih Rafael Benitez menghabiskan 75 juta euro.

Selain itu juga, Lugano Tuduh Neymar Suka Diving. Ada juga Napoli, Juventus juga melakukan pergerakan signifikan dengan merekrut Carlos Tevez dan Angelo Ogbonna. Sedangkan Fernando Llorente didapat secara gratis. AS Roma juga melakukan pergerakan dengan meminang Gervinho, Kevin Strootman serta pelatih Rudi Garcia.

Fiorentina tidak ketinggalan dengan merekrut Mario Gomez. Sementara Inter Milan memilih melakukan investasi dengan merekrut pemain-pemain muda macam Mauro Icardi dan Ishak Belfodil. Sedangkan rival sekota Inter, AC Milan melakukan transfer yang pintar, dengan membawa pulang Ricardo Kaka dari Real Madrid dengan gratis. Selain itu, I Rossoneri juga menambah amunisinya dengan merekrut Alessandro Matri, Riccardo Saponara dan meminjam bek Matias Silvestre dari Inter Milan.

Dari Prancis, pergerakan klub-klub Ligue 1 juga terbilang cukup mengejutkan. Dua klub kaya raya, AS Monaco dan Paris Saint Germain (PSG) menjadi pelaku utamanya. Monaco yang baru promisi ke Ligue 1 bahkan tercatat sebagai klub terboros di dunia dengan mengeluarkan dana sebesar 145 juta pounds (sama dengan Real Madrid) untuk merekrut pemain top seperti Radamel Falcao, Joao Moutinho, James Rodriguez dan Ricardo Carvalho. Sementara itu, PSG terkesan lebih irit. Mereka hanya melakukan dua pembelian besar yakni pada sosok Cavani dan Marquinhos.

Dari kompetisi Bundesliga, klub-klub Jerman terbilang paling irit dalam melakukan belanja. Tercatat, klub-klub Jerman hanya mengeluarkan total 231.664.400 pounds (Rp4 triliun). Meski demikian, Bundesliga tetap mencatatkan kerugian karena pemasukan mereka hanya 179.304.400 pounds (Rp3,1 triliun).

No comments:

Post a Comment